Penyebab dan Ciri-Ciri ASI Tersumbat dan Tips Mengatasinya

Kasus ASI yang terhambat bukanlah hal yang baru. Mengenal berbagai faktor yang menjadi penyebab maupun ciri-ciri ASI tersumbat diharapkan bisa mengatasi masalah yang banyak dihadapi ibu yang baru melahirkan.

ASI merupakan asupan terbaik untuk setiap anak yang baru saja dilahirkan. Tak sedikit ibu yang kemudian memberikan anak dengan susu formula sebagai cara mengatasi kondisi keterbatasan tersebut. Padahal, dengan sedikit tips yang akan diulas dalam postingan ini ASI akan bisa lancar kembali tanpa perlu susu formula yang sebenarnya kurang baik untuk bayi.

Faktor Penyebab ASI Tersumbat

Secara alami, struktur tubuh ibu akan berubah saat kehamilan memasuki usia di atas 6 bulan. Pada saat itu kelenjar mammae telah melakukan fungsinya dalam memproduksi ASI meskipun posisinya masih di belakang. Nah, setelah bayi lahir, posisi ini kemudian maju dan mengalirkan ASI saat bayi membutuhkannya.

Namun kapasitas jumlah produksi ASI ini juga tergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi saat kehamilan. Karena itulah tak jaranng bidan dan dokter yang menyarankan agar ibu yang kehamilannya telah memasuki trimester akhir agar makin sering mengkonsumsi makanan bernutrisi agar ASI yang dihasilkannya mencukupi dan berkualitas.

Selain karena kurangnya konsumsi makanan bergizi, terhambatnya ASI juga bisa disebabkan kondisi psikologis ibu. Proses kelahiran bukanlah peristiwa lumrah karena juga melibatkan emosi, kesiapan mental, hingga kesehatan fisik. Karena itu tak heran jika kita sering mendengar istilah perjuangan antara hidup dan mati saat ibu melahirkan karena beratnya.

Terhambat produksi ASI pada umumnya hanya terjadi pada salah satu payudara meskipun ada juga yang mengalami pada kedua sisinya. Berikut ini beberapa faktor penyebab ASI tersumbat yang umum terjadi.

Baca juga: Suplemen Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

Kelelahan fisik, melemahnya sistem imun tubuh, anemia, ataupun stress bisa menyebabkan produksi ASI terhambat.

Menolak saat bayi meminta atau tidak menyusui bayi secara rutin dan teratur juga bisa menyebabkan tersumbatnya ASI. Tak sedikit dokter yang menekankan agar bunda tak menolak saat bayi meminta asupan. Ketersediaan ASI ini terbilang unik karena seperti mengikuti hukum suplay and demand. Karena itulah untuk melancarkan ASI sebaiknya bunda sering-sering memberikan ASI setidaknya setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Tersumbatnya produksi ASI juga tak jarang disebabkan karena jumlah ASI yang diminum bayi jauh lebih sedikit dibandingkan ketersediaan ASI. Karena itu salah satu cara mengatasi jika kondisi semacam ini terjadi adalah dengan memerah ASI dan menyimpannya dalam kulkas.

Faktor lain yang juga bisa menyebabkan ASI terhambat adalah posisi tidur yang menyebabkan payudara tertekan, mengenakan bra yang terlalu ketat, ataupun kesalahan yang terjadi saat memerah ASI. Untuk itu sebaiknya perhatikan dan rawat payudara anda untuk mengembalikan produksi dan melancarkan ASI kembali.

Ciri-Ciri ASI yang Tersumbat

Setelah mengetahui faktor penyebab terhambatnya ASI, di bawah ini adalah sejumlah ciri-ciri ASI yang tersumbat.

Munculnya rasa nyeri atau sakit pada bagian tertentu pada payudara Anda.

Rasa nyeri tersebut tak jarang diikuti adanya benjolan yang mengeras pada bagian tertentu payudara anda.

Timbulnya sensasi atau rasa panas di sekitar atau bagian tertentu dari payudara.

Bayi menolak menyusu karena aliran ASI yang lambat. Ciri ini biasanya terjadi pada salah satu sisi dan anda bisa memberikan sisi lainnya yang produksi ASI lebih banyak.

Munculnya milk bleb atau bintik putih kecil yang terlihat pada pada sekitar putting.

Memerahnya payudara yang mengalami hambatan produksi ASI. Namun tanda ini tak terlihat pada sisi lain yang produksi ASI-nya tak terhambat.

Tips Mengatasi ASI yang Tersumbat

Buat bunda yang mengalami hambatan dalam produksi ASI, cara mengatasinya adalah dengan membenahi berbagai penyebab di atas. Begitu juga mengkonsumsi makanan bernutrisi juga perlu dilakukan. Jika diperlukan, anda pun perlu mengkonsumsi suplemen atau makanan tambahan pelancar ASI yang sudah terbukti efektif. Jukajo MOM adalah pelancar ASI terbaik yang dibuat dari bahan alami yang mampu mengatasi ASI yang tersumbat sekaligus meningkatkan kualitas ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *