Daftar Makanan Pelancar ASI Alodokter yang Rekomended

Tahukan anda apa saja makanan pelancar ASI yang disarankan kalangan medis alodokter? Ketersediaan air susu ibu untuk bayi yang baru dilahirkan amatlah penting. Namun tak jarang berbagai kasus terhambatnya atau tidak keluarnya ASI setelah melahirkan membuat bayi tidak bisa memperoleh haknya terhadap asupan yang berkualitas.

Pada postingan sebelumnya telah banyak diulas betapa pentingnya ASI untuk bayi. Boleh dikata semua kalangan medis maupun ahli gizi yang sangat merekomendasikan agar ibu bisa memberikan ASI ekskklusif sebagai makanan utama untuk bayinya hingga 6 bulan pertama. Tak terhitung manfaat pemberian ASI eksklusif untuk tumbuh kembang anak di masa depannya.

Selain merupakan asupan alami yang disediakan Tuhan untuk setiap anak yang lahir, ASI juga diketahui sebagai makanan yang lengkap. ASI sangat kaya nutrisi, bahkan struktur nutrisi ini mampu disesuaikan dengan kebutuhan bayi untuk pertumbuhannya. ASI bahkan mengandung tak kurang dari 400 jenis nutrisi, senyawa, dan hormone yang bermanfaat dalam menangkal dan penyakit. Kualitas ASI semacam ini tidak ada dalam susu formula atau susu buatan lainnya.

Ini Dia Makanan Pelancar dan Penambah Kualitas ASI

Ketersediaan ASI memang berhubungan dengan kesiapan dan kondisi ibu. Bahkan tak sedikit kalangan medis yang menyarankan agar seorang ibu mempersiapkan diri sejak masa kehamilan agar nantinya ASI bisa tersedia dalam jumlah yang cukup dan kualitas terbaik.

Nah, untuk membantu para ibu agar bisa mempersiapkan diri dan mampu menyediakan ASI yang cukup, berikut ini daftar makanan pelancar dan penambah kualitas ASI seperti dikutipkan dari laman alodokter.

Roti Gandum

Kandungan asam folat dalam roti gandum yang sangat tinggi bukan hanya penting untuk janin saat masih dalam kandungan tapi juga dibutuhkan untuk kesehatan anak maupun dan ibunya. Karena itulah sebaiknya makanan ini masuk dalam menu harian anda sejak masa kehamilan hingga setelah si kecil lahir. Makanan lain dari gandum yang juga baik dikonsumsi ibu menyusui adalah oat.

Buah Kurma

Kandungan kalsium dalam buah kurma diyakini mampu menaikkan kadar prolaktin, jenis hormon yang fungsinya untuk melancarkan produksi ASI pasca melahirkan. Yang menarik, buah ini juga kaya serat dan sumber energi yang baik untuk ibu menyusui.

Baca juga: Cara Mudah Memberikan ASI untuk Ibu Pekerja

Ikan Salmon

Ikan salmon dikenal sumber protein dan lemak DHA yang sangat dibutuhkan perkembangan sistem saraf bayi. Ikan ini juga kaya dengan kalsium yang baik untuk bayi. Karena itulah sebaiknya ikan salmon ataupun ikan laut lainnya bisa menjadi menu utama ibu yang sedang menyusui.

Bayam dan Sayuran Hijau

Bayam diketahui mengandung zat besi dimana nutrisi ini berkaitan dengan produksi ASI. Makanan lain yang juga kaya dengan kandungan zat besi adalah buncis, brokoli, daging merah (terutama bagian hati), maupun sayuran hijau lainnya. Mengkonsumsi makanan ini bisa merangsang produksi ASI lebih banyak lagi.

Kacang-kacangan

Makanan ini dikenal kaya serat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Makanan ini juga sumber zat besi, vitamin, mineral, dan protein yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI sekaligus meningkatkan kualitasnya. Kacang-kacangan antara lain berupa kacang hitam, kacang merah, kacang tanah, dan jenis kacang lainnya.

Kelabat (fenugreek)

Makanan ini diketahui mengandung zat yang bisa merangsang produksi ASI sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Bawang putih

Sebuah penelitian memperlihatkan perilaku bayi yang akan menyusu lebih lama bila ibunya makan bawang putih. Hal ini karena barang dapur ini mampu merangsang produksi ASI lebih baik.

Itulah berbagai makanan pelancar ASI ala alodokter yang direkomendasikan karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *