Cara Melancarkan ASI Secara Alami yang Terbukti Efektif

Sebenarnya ada cukup banyak cara melancarkan ASI secara alami yang bisa dilakukan ibu yang sedang menyusui. Apalagi ASI merupakan asupan alami yang memang diciptakan oleh Tuhan untuk setiap bayi yang baru saja dilahirkan. Karena itu tinggal mengupayakan agar potensi itu kembali mengalir sesuai dengan kodrat dan kebutuhan bayi.

Dari sejumlah kasus yang sering ditemukan, terhambatnya air susu ibu lebih sering disebabkan oleh factor internal bunda sendiri. Kondisi psikologis ibu yang tidak tenang sehabis melahirkan memang merupakan hal yang wajar. Hal inilah yang menyebabkan ASI tak mau keluar dengan porsi yang cukup.

Untuk mengembalikan potensi air susu ibu sebenarnya ada banyak cara melancarkan ASI secara alami yang bisa dilakukan. Dalam kaitan ini, dukungan suami, orang tua atau mertua dan orang yang ada di sekitarnya amatlah penting dan sangat dibutuhkan. Setidaknya dengan dukungan yang ada, bunda akan lebih tenang dan rileks saat menyusui bayinya.

cara melancarkan ASI secara alami

5 Cara Melancarkan ASI Secara Alami

Prinsip dasar ketersediaan ASI itu ibarat hukum ekonomi yang memang menjadi rahasia Tuhan. Hukum itu berkaitan dengan ketersediaan (suplay) berdasarkan adanya permintaan (demand) dari kebutuhan bayi. Asal bunda tak menolak saat bayi membutuhkan asupan, maka ASI pun akan mampu memenuhi dan menyediakan kebutuhan manusia baru tersebut.

Selain itu ada sejumlah cara melancarkan ASI secara alami yang terbukti efektif yangbisa dilakukan bunda, yang meliputi:

1.Minum Rebusan Daun katuk

Daun katuk sudah dikenal secara turun temurun sebagai herbal yang sangat berkhasiat untuk melancarkan ASI. Bahkan mengkonsumsi daun ini akan membuat produksi air susu melimpah dan juga kualitasnya meningkat. Untuk mengkonsumsinya cukup mudah, bunda tinggal merebus daun katuk yang telah dicuci dalam beberapa gelas air. Tunggu hingga air berkurang separonya lalu minum saat hangat. Kandungan protein, kalium dan fosfor dalam daun katuk sangat berguna untuk tumbuh kembang bayi.

Baca juga: Rekomendasi ASI Booster Terbaik

2.Makan Kacang Almond

Kacang almond diketahui kaya dengan serat dan berbagai vitamin, seperti vitamin B dan E serta kalsium. Kandungan ini berguna untuk meningkatkan kualitas ASI dan melancarkannya. Selain itu kacang yang rasanya renyah dan bertekstur ini juga berkhasiat dalam menstabilkan tekanan darah, menekan kolesterol, menangkal resiko kanker usus besar, menyehatkan jantung, dan juga baik untuk menurunkan berat badan.

3.Makan Sayur Bayam

Sayur bayam dikenal kaya akan kandungan protein, magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, asam folat, thiamin, ribloflavin, dan kalium. Bayam juga mengandung enzim phytoestrogens yang berkhasiat untuk melancarkan ASI. Sebaiknya pilih bayam yang berwarna hijau dan merah yang kaya dengan kandungan karoten yang baik untuk pertumbuhan bayi.

4.Pepaya

Buah pepaya juga kaya dengan kandungan vitamin A, vitamin C, kalium dan asam folat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan juga memperbanyak produksi ASI. Kandungan vitamin dan kalium dalam papaya jauh lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Kalium berguna untuk mengurangi stress dan depresi yang sering dialami ibu yang habis melahirkan sehingga produksi ASI terhambat.

5.Minum Jukajo Mom

Satu lagi cara memperbanyak ASI adalah dengan mengkonsumsi Jukajo Mom yang diketahui merupakan makanan suplemen yang sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui. Jukajo Mom dibuat dari kacang hijau, susu sapi murni, dan daun adas (dill).

Kacang hijau kaya serat dan mengandung banyak protein, antioksidan, vitamin A, B, C, E, K, kalium, zat besi, asam folat, zinc, fosfor, dan rendah lemak . Begitu juga susu sapi yang kaya kalsium yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Sedangkan daun adas juga sudah popular sebagai pelancar ASI terbaik.

Itulah berbagai cara melancarkan ASI secara alami yang terbukti efektif yang semoga bermanfaat untuk melancarkan air susu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *