Booster ASI Terbaik Favorit Para Ibu Menyusui

Informasi tentang booster ASI terbaik tak jarang menjadi topic yang menarik terutama di kalangan ibu-ibu yang sedang menyusui. Kenapa mereka membutuhkan adanya asupan atau cara lain guna meningkatkan produksi air susunya?

Menyusui ternyata bukanlah hal yang mudah dilakukan ibu yang telah melahirkan. Meskipun bisa dikatakan semua ibu yang baru saja melahirkan ingin memberikan asupan terbaik untuk buah hatinya namun hal itu tidak serta merta bisa dilakukannya. Tak jarang kita dengar kasus ASI yang tersumbat atau terhambat sehingga produksinya sangat sedikit.

Munculnya kasus terhambatnya produksi air susu ibu menurut kalangan medis lebih disebabkan oleh kondisi psikis ibu pasca kelahiran. Kondisi ini bisa semakin parah jika ibu kurang mempersiapkan diri secara optimal dengan rendahnya asupan makanan yang bergizi. Padahal, makanan bernutrisi sangat dibutuhkan dari sejak kehamilan hingga saat menyusui.

Pentingnya Booster Asi Terbaik Untuk Ibu Menyusui

ASI booster adalah suplemen atau produk asupan yang diperlukan untuk memacu dan meningkatkan produksi ASI maupun kualitas air susu ibu. Asupan ini diharapkan dapat membantu mengatasi minimnya produksi ASI.

Saat ini ada banyak sekali produk booster ASI yang dijual di pasaran. Masing-masing produk dibuat dengan bahan kandungan yang berbeda sehingga manfaatnya untuk ibu yang menyusui juga akan berlainan hasilnya. Meskipun begitu masing-masing tentunya mengklaim sebagai booster ASI terbaik untuk ibu yang sedang menyusui.

Ada banyak cirri-ciri terhambatnya ASI, seperti bayi yang menolak menyusu karena air susu yang keluar memang sedikit. Tersumbatnya ASI juga ditandai dengan rasa nyeri yang timbul pada area payudara ibu ataupun karena adanya benjolan yang muncul. Karena itullah pemberian booster asi terbaik sangat disarankan untuk mengatasi terhambatnya air susu ibu.

Sebuah penelitian yang dilakukan Fikawati, dkk (2017), seperti dikutip dari sebuah laman kesehatan, menemukan bahwa adanya makanan tambahan yang dikonsumsi ibu menyusui ternyata memiliki korelasi terhadap keberhasilan program ASI eksklusif 6 bulan.

Baca juga: Penyebab dan Ciri-Ciri ASI Tersumbat dan Tips Mengatasinya

Program ASI eksklusif 6 bulan merupakan program yang dicanangkan pemerintah agar ibu-ibu yang baru saja melahirkan dapat memberikan ASI untuk anaknya. Kampanye ini dianggap pemerintah sangat penting agar anak-anak mendapatkan asupan makanan terbaik dari ASI dan bukan dari susu formula. Namun sayangnya, program ini tidaklah mudah dicapai karena masih banyaknya ibu yang memberikan susu formula untuk anaknya dengan berbagai alasan, termasuk terhambatnya air susu ibu.

Nah, berdasarkan hasil penelitian di atas, ternyata pemberian asupan tambahan ataupun suplemen pelancar ASI terbukti cukup efektif untuk mendukung program ASI eksklusif.

Tips Memilih Booster ASI Terbaik

Kebutuhan ibu menyusui terhadap asupan yang mengandung kalori tinggi sebenarnya lebih besar ketimbang saat ibu hamil. Seperti dikutip dari data Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, ibu menyusui membutuhkan tambahan asupan energi hingga mencapai 330-400 kalori.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu yang sedang menyusui itulah sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Kurangnya asupan dari makanan bernutrisi bisa menyebabkan ASI terhambat atau berkurang.

Beberapa makanan yang sangat disarankan untuk ibu menyusui antara lain susu sapi, oatmeal, telur, almond, pepaya, alpukat, bayam, kentang, dan sayuran hijau lainnya. Susu sapi sangat baik karena memberikan sumbangan energi dan protein yang cukup tinggi untuk ibu menyusui.

Selain mengkonsumsi makanan alami, suplemen pelancar ASI juga bisa menjadi alternative yang lebih praktis. Salah satunya adalah Jukajo MOM yang dibuat dari susu sapi murni, kacang hijau, dan daun adas yang kaya energi dan nutrisi dan terbukti efektif untuk melancarkan ASI. Dengan rasanya yang enak, booster ASI terbaik favorit para ibu menyusui ini cukup popular dan banyak disukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *