8 Tips dan Cara Pelancar ASI yang Efektif

Untuk bunda yang mengalami kesulitan menyusui mungkin tips dan cara pelancar ASI ini akan memberikan solusi yang efektif. Meskipun kasus semacam ini kerap terjadi namun kebanyakan tak berlangsung lama dan bisa segera diatasi jika bunda melaksanakan tips sederhana ini.

Seperti diketahui, ASI merupakan asupan terbaik untuk bayi yang baru saja lahir. Ibu-ibu yang baru saja melahirkan diharapkan dapat memberikan air susunya untuk sang buah hati. Kalaupun ASI terhambat sebaiknya tidak cepat-cepat memberikan susu formula karena malah akan membuat bayi merasa senang lalu menolak ASI.

Langkah Cara Pelancar ASI yang Simpel

Penasaran bagaimana sih cara melancarkan ASI yang tersumbat? Yuk langsung saja simak tips-tipsnya di bawah ini.

cara pelancar asi

1.Cobalah Menyusui dengan Cara yang Benar

Tak jarang kasus terhambatnya ASI lebih karena posisi bayi saat menyusu kurangn tepat. Karena itu cobalah membenahi cara menyusui bayi dengan menempel bayi dengan benar dengan mulut dan dagu bayi sebaiknya menempel dan menyentuh payudara. Hindari menyusui anak sambil berdiri atau berjalan.

2.Lakukan Pemijatan Payudara

Jika produksi ASI bunda sedikit atau terhambat, cobalah untuk melakukan pemijatan di sekitar payudara. Hangatkan payudara dengan menggunakan handuk hangat sekitar beberapa menit lalu pijat sekitar payudara secara perlahan dengan arah tertentu selama beberapa kali.

3.Berikan ASI Tiap 2-3 Jam

Ketercukupan ASI justru makin baik jika dibutuhkan bayi. Jadi makin sering bayi menyusui maka akan makin melimpah pula persediaan ASI bunda. Bahkan bunda disarankan untuk tidak menolak saat anak meminta. Bahkan kalaupun tidak meminta, usahakan untuk tetap memberikan ASI untuk anak setidaknya setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Baca juga: Booster ASI Terbaik

4.Menyusui Secara Bergantian

Tak jarang pula tersumbatnya ASI hanya terjadi pada salah satu sisi payudara bunda saja. Karena itu bunda perlu menyiasatinya dengan menyusui bayi secara bergantian antara kedua sisi. Sebaiknya bunda tidak berhenti menyusui hingga ASI terasa habis atau kosong.

5.Lakukan Memompa ASI

Memompa atau memerah ASI juga merupakan salah satu cara merangsang produksi ASI. Lakukan hal ini sebagai bagian dari aktivitas menyusui anak anda. Lakukan memerah ASI setiap 3 jam sekali secara bergantian dengan menyusui anak. Apalagi jika meski anak selalu meminta dan persediaan ASI berlebih, lakukan memerah susu ini.

6.Istirahat yang Cukup

Kondisi psikis maupun fisik bunda yang cukup lemah pasca kelahiran harus segera direcovery dengan istirahat yang cukup. Mungkin cara ini terbilang mewah mengingat bayi sering membuat bunda begadang dan tidur tidak teratur. Karena itulah perlunya dukungan dan support dari orang terdekat, seperti suami, orang tua atau mertua.

7.Konsumsi Makanan Bergizi

Cara lain untuk melancarkan ASI adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi bunda. Karena itu makanlah makanan yang bergizi secara variatif, baik dari makanan yang berkalori, protein, kaya serat, kaya vitamin, dan mineral penting lainnya.

8.Konsumsi Suplemen Pelancar ASI

Cara terakhir yang juga sangat disarankan adalah dengan mengkonsumsi suplemen pelancar ASI. Saat ini ada banyak suplemen semacam ini yang dijual di pasaran sehingga bunda perlu memilih yang terbaik. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah Jukajo Mom, pelancar ASI yang bagus dan terbaik. Jukajo Mom dibuat dari bahan alami seperti susu sapi murni, kacang hijau, dan daun adas yang sangat berkhasiat untuk memperbanyak produksi ASI sekaligus meningkatkan kualitasnya.

Demikianlah beberapa tips dan cara pelancar ASI yang efektif dan banyak disarankan kalangan medis untuk memperbanyak ASI bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *